Ciri-Ciri Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)



Ilmu Pengetuan Alam / IPA dapat di artikan ilmu yang mempelajari tentang alam / makhluk hidup.IPA juga memiliki ciri antara lain.
Ciri-Ciri IPA :
Konkret
artinya Ilmu Pengetahuan Alam memiliki objek kajian berupa benda-benda atau gejala-gejala alam yang nyata dan dapat di tangkap oleh panca indra. Contoh : tumbuhan,hujan, dan benda langit.

Logis
Artinya IPA dikembangkan berdasarkan  cara berpikir yang logis. Cara berpikir logis aritnya cara berpikir dengan menggunakan logika.Kesimpulan yang diambil berdasarkan logika-logika tertentu, baik secara induktif dan deduktif.

Objektif 
Hasil dari Kajian IPA harus sesuai dengan fakta dan bukti kebenaran ilmiah secara apa adanya tanpa ditambahi ataupun ditutupi dengan motos dan penasaran.

Empiris
IPA / Sains dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris, yaitu suatu pengalaman konkret yang dapat dirasakan oleh semua orang dan dapat dibuktikan secara ilmiah.

Sistematis
Hasil Kajian IPA, baikhasil penelitianatau kajian ilmiah, didasarkan pada langkah-langkah yang sistematis dan berurutan.

Teori Berlaku Untuk Umum
Begitu Banyak Teori sains yang lahir dari ilmuwan yang mengkaji gejala-gejala alam. Teori-teori itu berlaku umu dan dapat diketahui oleh orang lain tanpa batas.




Responses

0 Respones to "Ciri-Ciri Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)"

Poskan Komentar

 

Total Tayangan Laman

Bayu34-TKJ. Diberdayakan oleh Blogger.

Traffic

Return to top of page Copyright © 2015 Bayu34-TKJ